Derita Yani dan Hukum Mengurung Binatang
Lagi, dunia perkebunbinatangan
negeri ini dihebohkan dengan kematian Yani seekor gajah sumatera yang berada di
kebun binatang Bandung. Tak ayal berbagai tanggapan muncul setelah kematian
Yani. Ada yang menyayangkan sikap pengelola kebun binatang yang menelantarkan
Yani, mengecam, bahkan ada pula yang membuat petisi untuk memboikot Kebun
Binatang Bandung. Salah satu yang aktif menyuarakan petisi pemboikotan ini
adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Dalam akun Instagram milik pribadinya
@ridwankamil, pria yang kerap disapa Kang Emil itu mengungkapkan kekesalannya
kepada pengelola Kebun Binatang Bandung yang dianggapnya tidak profesional.
"Barusan kabar masuk. Gajah
yang tadi pagi ditengok yang bernama Yani ini mati jam 18-an. Karena ini bonbin
milik pribadi, saya akan pelajari cari upaya hukum. Sementara itu ayo lawan
dengan #BoikotBonbinBdg,"
"Saya serukan boikot sebagai
seruan moral saja karena sudah keterlaluan pengelola tak pernah
mengindahkan,"
Pada unggahan sebelumnya yang
dikutip Tribunjabar.co.id, kang Emil sempat mengkritik buruknya pengelolaan
Kebun Binatang Bandung.
"Sedih. Menengok gajah yang
sekarat yang terlantar di kebun binatang Bandung karena tidak ada dokter hewan.
Karena Bonbin Bdg milik pribadi, sudah saya tegur pengelolanya agar memperbaiki
kualitas lingkungan dan pengurusan hewan-hewan menjadi lebih baik. Dokter hewan
dari Pemkot Insya Allah besok lusa akan diperbantukan untuk ngecek hewan di
sana," tulisnya.
Ungkapan keprihatinan juga sempat
disampaikan beberapa pesohor negeri ini, salah satunya adalah artis Sophia
Latjuba. Ungkapan kekesalannya ia bagikan dalam akun instagram pribadinya
@sophia_latjuba88
"I'm speechless. Kebun
binatang tidak menyediakan dokter hewan?? Please share thus, my friends, to
raise supaya tidak terulang lagi. Orang yang membuka hiburan Kebun Binatang
mestinya mempunyai tanggung jawab juga mengurus binatang2nya. Jangan cuma mau
terima uangnya saja!,"
“Mana tanggung jawab
pengelolanya? Kalau sudah tidak mampu, mending di oper ke kebun binatang yang
lain, sekalian kalau perlu di oper ke luar negeri! Kalau ada hutan bebas,
dilepas ke hutan aja, paling tidak mereka bisa cari makan sendiri. Dari pada
hewan-hewannya pada mati konyol di kandang akibat di telantarkan, makan 1
minggu sekali mungkin.”
Kutipan di atas merupakan salah
satu tanggapan masyarakat terhadap buruknya pengelolaan kebun binatang di
sejumlah daerah di Indonesia.
Lalu bagaimana sebenarnya
pandangan Islam berkenaan dengan hukum mengurung binatang di dalam kandang baik
di Kebun binatang ataupun di rumah.
Setidaknya ada dua pendapat
tentang hukum memelihara binatang dalam kandang atau kurungan.
Haram
Sebagian ulama berpendapat bahwa
mengurung binatang di dalam kandang hukumnya haram. Salah
satu ulama yang mengharamkannya adalah Ibnu Aqil al-Hanbali. Alasannya ialah, Abu Darda' pernah berkata, pada hari kiamat burung itu akan datang kepada hamba yang mengurungnya dari mencari rezekinya, katanya: "Wahai Tuhanku, inilah yang menyiksa aku di dunia."
satu ulama yang mengharamkannya adalah Ibnu Aqil al-Hanbali. Alasannya ialah, Abu Darda' pernah berkata, pada hari kiamat burung itu akan datang kepada hamba yang mengurungnya dari mencari rezekinya, katanya: "Wahai Tuhanku, inilah yang menyiksa aku di dunia."
Keterangan lain yang menjadi
dasar keharamannya adalah hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:
ان النبي صلى الله
عليه و سلم نهى عن صبر الروح وعن إخصاء البهائم نهيا شديدا. )أخرجه
البزار(
“sesungguhnya nabi SAW, melarang
mengurung setiap yang bernyawa dan mengebiri binatang-binatang dengan larangan
yang keras.”(H.R al-bazzar)
Dari Anas bin Malik radhiallahu
anhu dia berkata:
نَهَى رسولُ اللهِ
صلى الله عليه وسلم أَنْ تُصْبَرَ الْبَهائِمُ
“Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam melarang dari mengurung binatang.” (HR. Muslim no.
1956)
Tapi, larangan tersebut tidak
berlaku bagi semua binatang melainkan khusus bagi binatang tertentu yang
lazimnya hidup di alam bebas. Sementara binatang ternak boleh untuk dikurung.
Boleh
Kebolehan mengurung binatang
berdasarkan Firman Allah SWT dalam surat al-An'am ayat 5-8
وَالْأَنْعَامَ خَلَقَهَا ۗ لَكُمْ فِيهَا دِفْءٌ
وَمَنَافِعُ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ وَلَكُمْ فِيهَا جَمَالٌ حِينَ تُرِيحُونَ
وَحِينَ تَسْرَحُونَ وَتَحْمِلُ
أَثْقَالَكُمْ إِلَىٰ بَلَدٍ لَمْ تَكُونُوا بَالِغِيهِ إِلَّا بِشِقِّ الْأَنْفُسِ
ۚ إِنَّ رَبَّكُمْ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ وَالْخَيْلَ وَالْبِغَالَ وَالْحَمِيرَ
لِتَرْكَبُوهَا وَزِينَةً ۚ وَيَخْلُقُ مَا لَا تَعْلَمُونَ
Dan binatang ternak Dia telah
menciptakannya untuk kalian padanya ada kehangatan (yaitu bulu dan kulitnya
dapat dibuat pakaian dan selimut untuk penghangat tubuh kalian) dan berbagai
manfaat (yaitu dari anak-anaknya, air susunya dan dapat dijadikan sebagai
kendaraan) dan sebagiannya kalian makan. Dan kalian memperoleh pandangan
yang indah padanya (yakni sebagai perhiasan kalian) ketika kalian membawanya
kembali ke kandang (ketika kalian menggiringnya kembali ke kandangnya di waktu
sore hari) dan ketika kalian melepaskannya ke tempat penggembalaan (kalian
mengeluarkannya dari kandangnya menuju ke tempat penggembalaan di waktu pagi
hari).
dan ia memikul beban-bebanmu ke
suatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan
kesukaran-kesukaran (yang memayahkan) diri. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar
Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dan
(dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan
(menjadikannya) perhiasan. dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak
mengetahuinya.
Di samping ayat di atas, terdapat sebuah hadis yang membolehkan kita memelihara burung. Hadis itu
dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Beliau memiliki adik laki-laki
yang masih kanak-kanak, bernama Abu Umair. Si Adik memiliki burung kecil
paruhnya merah, bernama Nughair.
Anas menceritakan,
عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: كَانَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحْسَنَ النَّاسِ خُلُقًا، وَكَانَ لِي
أَخٌ يُقَالُ لَهُ أَبُو عُمَيْرٍ – قَالَ: أَحْسِبُهُ – فَطِيمًا، وَكَانَ إِذَا جَاءَ
قَالَ: «يَا أَبَا عُمَيْرٍ، مَا فَعَلَ النُّغَيْرُ» نُغَرٌ كَانَ يَلْعَبُ بِهِ
“Dari Anas, dia berkata : Nabi Sholallahu ‘alaihi
wassallam adalah orang yang paling baik akhlaknya. Dan aku memiliki seorang
saudara yang biasa dipanggil dengan sebutan Abu Umair . [dia [perawi] berkata :
perkiraanku , dia anak yang baru disapih. Beliau Shalallahu ‘alaihi wassallam
datang, lalu memanggil : “Wahai Abu Umair, apa yang sedang dilakukan oleh si
Nughair. Sementara anak itu sedang bermain dengannya ". (Shohih Bukhori,
no.6203).
Ibnu Hajar Al-Asqolani dalam
kitab Fathul Bari menerangkan bahwa hadits ini menunjukkan kebolehannya
memelihara burung didalam sangkar.
جواز إمساك الطير في القفص ونحوه
“(Hadis
ini dalil) bolehnya memelihara burung dalam sangkar atau semacamnya.” (Fathul
Bari, 10/584).
Ulama lain yang membolehkan
memelihara binatang dalam kandang adalah syaikh al-Qafal. Ketika ditanya
tentang hukum memelihara burung dalam sangkar,
beliau menjawab dalam Mughnil Muhtaj (5/547), hal demikian dibolehkan
selama pemiliknya memperhatikan kebutuhan burung itu, karena hukumnya sama
dengan binatang ternak yang diikat.
وسئل القفال عن حبس
الطيور في أقفاص لسماع أصواتها وغير ذلك فأجاب بالجواز إذا تعهدها مالكُها بما تحتاج
إليه لأنها كالبهيمة تُربط
Syekh Al-Qulyubi juga menjelaskan
dalam Hasyiyah Qulyubi, Juz : 4 Hal : 95
bahwa diperbolehkan mengurung binatang, meskipun hanya sekedar untuk
mendengarkan suaranya atau untuk bersesenang-senang saja.
فرع: له حبس حيوان
ولو لسماع صوته، أو التفرج عليه، أو نحو كلب للحاجة إليه مع إطعامه
Pertanyaan mengenai hukum
memelihara burung juga pernah disampaikan kepada Imam Ibnu Baz. Jawaban beliau:
ليس في ذلك حرج إذا
لم تُظلم وأحسن إليها في طعامها وشرابها سواء كانت ببغاء أو حماماً أو دجاجاً أو غير
ذلك بشرط الإحسان إليها وعدم ظلمها ، وسواء كانت في حوض أو أقفاص أو أحواض ماء كالسمك
“Tidak masalah memelihara burung,
selama tidak mendzaliminya dan disikapi dengan baik dalam memberi makanan atau
minuman. Baik burung kakatua, burung dara, ayam atau binatang peliharaan
lainnya, dengan syarat diperlakukan dengan baik dan tidak menzhaliminya. Baik
binatang itu dipelihara di dalam kolam, sangkar atau aquarium seperti ikan
misalnya.
Terkait dengan hadis di atas yang
diriwayatkan oleh al-Bazzar, Imam An-Nawawi berpendapat dalam Syarah Muslim
An-Nawawi (14/114) bahwa keharaman mengurung binatang jika binatang tersebut
dikurung untuk dijadikan sebagai sasaran tembak atau sasaran lempar, karena itu
adalah perbuatan menyiksa makhluk tanpa hak.
Dari berbagai pendapat di atas, penulis setuju dengan pendapat para cendekiawan yang mengizinkan memelihara hewan di kandang dengan catatan:
1. Menjaga dengan baik termasuk menyediakan makanan, minuman, tempat yang layak dan menjaga kesehatan.
Ini adalah etiket bagi hewan untuk memberi makan dan minum, tempat yang sesuai, dan menjaga kesehatan mereka karena Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam berkata,
"Dalam setiap orang yang memiliki hati (binatang) yang basah ada hadiah (dalam berbuat baik kepadanya)." (HR. Bukhari)
Dalam hadits lain, Rasulullah saw bersabda:
من لا يرحم لا يرحم
Siapa pun yang tidak berbelas kasihan pasti akan berbelas kasihan "[HR Al-Bukhari; 5997, Muslim: 2318]
Ada beberapa kisah yang menceritakan tentang penyebab masuknya seseorang ke surga nanti, termasuk seorang pria yang dalam perjalanannya merasa haus, kemudian dia minum dari sumur, tetapi ketika dia selesai minum, dia juga melihat seekor anjing menjulurkan lidahnya ke tanah karena haus. Pria itu kembali untuk mengambil air dari sumur, lalu memberikannya kepada anjing yang haus. Karena dia membantu anjing yang haus itu, dia diberi hadiah karena masuk surga.
2. Tidak menyiksanya
إِنَّ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم لَعَنَ مَنِ اتَّخَذَ شَيْئاً فِيْهً الرُّوْحُ غَرْضاً
"Allah mengutuk mereka yang menjadikan jiwa sebagai sasaran" [Dilaporkan oleh Al-Bukhari: 5515, Muslim: 1958] [Editor ini adalah Ahmad: 6223]
Dia juga berkata. "Siapa di dunia yang telah melukai perasaan burung ini karena keturunannya? Kembalikan anak-anaknya". Dia mengatakan bahwa setelah dia melihat seekor burung berputar-putar mencari anak-anaknya yang diambil dari sarangnya oleh salah seorang temannya "[Dilaporkan oleh Abu Daud: 2675 dengan saheeh saheeh]
Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata: "Seorang wanita pergi ke neraka karena kucing yang dikurungnya sampai mati, jadi dia pergi ke neraka karena cat itu, karena dia tidak memberinya makan atau memberinya air ketika dia mengurungnya, dan tidak juga membiarkannya makan serangga di bumi "[HR Al-Bukhari: 3482]
Ketika dia berjalan melintasi sarang semut yang telah terbakar, katanya.
انه لاينبغى أن يعذ ب بالنار الا رب النار
"Tentunya tidak ada yang memiliki hak untuk menyiksa dengan api selain Rabb (Tuhan) pemilik api" [HR Abu Daud: 2675, hadits otentik]
3. Senang membantai atau membunuhnya.
Karena Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Sesungguhnya, Allah telah mewajibkan ihsan (berbuat baik) untuk semuanya, maka jika Anda membunuh biarkan ihsan berlaku dalam membunuh, dan jika Anda menyembelih, Anda harus melakukannya dengan baik dalam pembantaian, dan biarkan salah satu dari tolong tolong potong dan biarkan pisau itu diasah "[HR Muslim: 1955]
4. Jangan sibuk mengurus binatang untuk melupakan ketaatan dan ingatan akan Tuhan. Karena Tuhan telah berfirman.
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta milikmu dan anak-anakmu mengabaikanmu dari mengingat Allah" [Al-Munafiqun: 9]
Demikianlah penjelasan tentang hukum memelihara binatang dalam kandang, kandang, kandang bahkan di kebun binatang. Semoga penjelasan ini bisa menjadi solusi untuk masalah yang sering terjadi di dunia pertanian dewasa di Indonesia. Hentikan eksploitasi dan komersialisme hewan yang melanggar peternakan. Allah yang maha pengasih telah menciptakan binatang dengan berbagai bentuk dan keindahannya untuk dimanfaatkan bagi kepentingan manusia, tetapi tentu saja tidak untuk memuaskan keinginan rakus manusia. Semoga tidak ada lagi Yani, Yana, Yono, Yuni, orang lain yang menjadi korban keserakahan manusia.
Wallahua'lam bishawwab
0 Response to "Derita Yani dan Hukum Mengurung Binatang"
Posting Komentar