Soal dan Jawaban Materi Madrasah Games (Penjas Akomodatif) - Pembelajaran Inklusif PINTAR KEMENAG
Madrasah Games merupakan kegiatan pembelajaran yang menggabungkan permainan dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) untuk mendukung perkembangan fisik, sosial, dan emosional peserta didik, terutama bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Konsep ini diterapkan sebagai penjas akomodatif, yang berarti kegiatan fisik disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan individu, memungkinkan semua peserta didik, termasuk yang memiliki keterbatasan fisik, untuk ikut serta secara aktif dan menikmati manfaat dari aktivitas tersebut.
Melalui Madrasah Games, guru dapat merancang berbagai permainan yang tidak hanya mengasah keterampilan motorik, tetapi juga menekankan kesenangan dan kebersamaan. Permainan ini dibuat untuk memberi kesempatan kepada peserta didik berkebutuhan khusus untuk berinteraksi dengan teman sebaya, mengembangkan keterampilan sosial, serta meningkatkan rasa percaya diri. Penyesuaian permainan, aturan, atau alat bantu, seperti bola yang lebih besar atau aktivitas yang disesuaikan dengan kondisi fisik peserta didik, memungkinkan semua siswa untuk bermain bersama secara inklusif. Selain itu, Madrasah Games juga berfokus pada membangun semangat kebersamaan dan saling mendukung antar peserta didik, menciptakan lingkungan yang inklusif, di mana setiap individu merasa dihargai dan diterima. Pendekatan ini tidak hanya mengajarkan pentingnya aktivitas fisik untuk gaya hidup sehat, tetapi juga membentuk karakter yang menekankan nilai toleransi, kerjasama, dan penghormatan antar individu.
1 dari 10 soal
Guru dan peserta didik duduk melingkar untuk mendorong kepercayaan diri peserta didik di antara mereka sendiri, kemudian guru memperkenalkan sebuah nilai tertentu dan bertanya kepada peserta didik tentang arti dari nilai tersebut dan menjelaskan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan anak-anak pada hari itu untuk membantu anak-anak memahami arti dari sebuah nilai akan meningkatkan proses belajar mereka. Aktivitas tersebut merupakan kegiatan Madrasah Games pada sesi …
A. presentation (presentasi)
B. Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)
C. learning activity (kegiatan pembelajaran)
D. warm up activity (kegiatan pemanasan)
Jawaban
presentation (presentasi)
2 dari 10 soal
Di bawah ini bentuk modifikasi Madrasah Games bagi peserta didik dengan hambatan pendengaran, kecuali …
A. semua penjelasan disampaikan menggunakan bahasa isyarat.
B. gunakan contoh-contoh visual dan situasi yang bisa dijelaskan secara visual untuk menolong pemahaman pemain.
C. menggunakan peluit untuk penanda mulai dan berakhir kegiatan
D. gunakan lengan tangan dan gerakan untuk mendapatkan perhatian dari pemain.
Jawaban
menggunakan peluit untuk penanda mulai dan berakhir kegiatan
3 dari 10 soal
Aktivitas permainan olahraga berbasis nilai-nilai yang ingin kita tanamkan serta . pada akhir dari setiap aktivitas ada suatu refleksi yang menolong peserta didik memahami nilai dan mengaitkannya dengan permasalahan sosial tertentu, aktivitas tersebut merupakan kegiatan Madrasah Games pada sesi …
A. warm up activity (kegiatan pemanasan)
B. presentation (presentasi)
C. learning activity (kegiatan pembelajaran)
D. Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)
Jawaban
Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)
dari 10 soal
Di bawah ini adalah sesi-sesi pada Madrasah Games:
- Presentation (presentasi)
- Warm up activity (kegiatan pemanasan)
- Learning activities (kegiatan pembelajaran)
- Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)
- Cool down activity (kegiatan pendinginan)
- Closing (penutup)
Urutan yang tepat saat sesi Madrasah Games berlangsung adalah …
A. 1, 3, 2, 4, 5, 6
B. 1, 2, 3, 4, 5, 6
C. 1, 2, 4, 3, 5, 6
D. 1, 3, 2, 5, 4, 6
Jawaban
1, 2, 3, 4, 5, 6
5 dari 10 soal
Setelah sesi-sesi yang melibatkan banyak aktivitas fisik, merupakan hal yang penting untuk menurunkan intensitas latihan-latihan selanjutnya secara bertahap, guna membantu tubuh dan pikiran kembali ke kondisi stabil atau seimbang, aktivitas tersebut merupakan kegiatan Madrasah Games pada sesi …
A. learning activity (kegiatan pembelajaran)
B. cool down (pendinginan)
C. warm up activity (kegiatan pemanasan)
D. Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)
Jawaban
cool down (pendinginan)
6 dari 10 soal
Program Madrasah Games dapat dimodifikasi sehingga semua peserta didik dapat mengikutinya. Di bawah ini bentuk modifikasi Madrasah Games bagi peserta didik dengan hambatan fisik memakai kursi roda, kecuali …
A. Pada latihan-latihan yang terkait dengan menjaga keseimbangan, tangan akan digunakan jika kursi roda tidak bisa digunakan.
B. Gunakan bola dengan ukuran lebih kecil
C. Pemain berkursi roda bermain bola menggunakan kursi roda untuk menggiring bola.
D. Untuk permainan olahraga bola basket dan bola tangan pantulkan bola ketika kursi roda masih bergerak dan usahakan untuk terus bergerak ke depan lagi.
Jawaban
Gunakan bola dengan ukuran lebih kecil
7 dari 10 soal
Manfaat Modifikasi Madrasah Games yaitu …
A. mengoptimalkan partisipasi sesuai perbedaan karakteristik peserta didik.
B. mengarahkan dan membelajarkan peserta didik yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, dari tingkat yang tadinya rendah menjadi memiliki tingkat yang lebih tinggi.
C. aktivitas yang diberikan memperhatikan perubahan kemampuan peserta didik dan dapat membantu mendorong perubahan.
D. ketuntasan dan ketercapaian dalam pembelajaran yang setara.
Jawaban
mengarahkan dan membelajarkan peserta didik yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, dari tingkat yang tadinya rendah menjadi memiliki tingkat yang lebih tinggi.
8 dari 10 soal
Tidak ada wasit merupakan aturan tetap Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games), alasannya adalah …
A. membangun kemandirian di antara pemain.
B. para pemain harus mengatasi kesalahan (faults) dan menyepakai aturan-aturan permainan.
C. peraturan baku yang sudah ditetapkan.
D. kebebasan berekspresi.
Jawaban
para pemain harus mengatasi kesalahan (faults) dan menyepakai aturan-aturan permainan.
9 dari 10 soal
Sebelum mulai berlatih dan melakukan aktivitas fisik dan mental serta membantu untuk menghindari cedera, aktivitas tersebut merupakan kegiatan Madrasah Games pada sesi …
A. presentation (presentasi)
B. learning activity (kegiatan pembelajaran)
C. warm up activity (kegiatan pemanasan)
D. Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games)
Jawaban
warm up activity (kegiatan pemanasan)
10 dari 10 soal
Bagian terakhir dari rangkaian sesi, di mana pendidik dan anak-anak berbagi dan mendiskusikan pengalaman dalam sesi-sesi yang sudah dilewati, untuk mengevaluasi apa saja yang sudah dipelajari oleh anak-anak dan refleksi, aktivitas tersebut merupakan kegiatan Madrasah Games pada sesi …
A. closing (penutup).
B. cool down (pendinginan).
C. warm up activity (kegiatan pemanasan).
D. Madrasah Games match (pertandingan Madrasah Games).
Jawaban
closing (penutup).
0 Response to "Soal dan Jawaban Materi Madrasah Games (Penjas Akomodatif) - Pembelajaran Inklusif PINTAR KEMENAG"
Posting Komentar